3.600 Kematian Corona Sehari di Brasil, Junta Myanmar Sebut Rusia Teman Sejati

BERITA RAKYAT – Otoritas Brasil mencetak rekor baru dengan melaporkan lebih dari 3.600 kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Pemimpin junta militer Myanmar menyebut Rusia sebagai ‘teman sejati’ setelah Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia mengunjungi Myanmar pekan ini.
Jumlah korban tewas di Brasil terus bertambah diperkirakan karena berbagai faktor termasuk orang-orang yang mulai mengabaikan aturan sosial distancing dan kemunculan varian baru Corona yang lebih mudah menular. Sejak Februari, Brasil terus mencetak rekor baik untuk jumlah kematian maupun kasus baru Corona di wilayahnya.

Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, memuji Rusia setelah Menhan Alexander Fomin mengunjungi Myanmar dan menghadiri parade militer saat peringatan Hari Angkatan Bersenjata di Naypyitaw pada Sabtu (27/3) waktu setempat.

   

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (27/3/2021):

Upaya untuk membebaskan kapal kontainer raksasa MV Ever Given yang nyangkut di Terusan Suez belum juga membuahkan hasil. Militer Amerika Serikat (AS) pun menyatakan tengah bersiap untuk membantu Mesir dalam upaya mengapungkan kembali kapal raksasa yang memicu macet total di Terusan Suez itu.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Sabtu (27/3/2021), Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengungkapkan bahwa AS menawarkan bantuan kepada otoritas Mesir. Psaki menyatakan Gedung Putih melihat ‘beberapa dampak potensial terhadap pasar energi’ dan ‘berkonsultasi dengan mitra Mesir soal bagaimana kami bisa mendukung upaya mereka sebaik mungkin’.

“Sebagai bagian dari dialog diplomatik aktif dengan Mesir, kami telah menawarkan bantuan AS kepada otoritas Mesir untuk membantu membuka kembali kanal,” ucap Psaki pada Jumat (26/3) waktu setempat.

Secara terpisah, sejumlah pejabat pertahanan AS yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa pemerintah Mesir sepakat untuk menerima bantuan dari AS, yang disampaikan melalui Kedutaan AS di Kairo.

Junta militer Myanmar memperingatkan bahwa para demonstran berisiko ditembak di kepala saat menggelar aksi memprotes kudeta. Peringatan disampaikan saat aktivis antikudeta menyerukan unjuk rasa terbaru pada Sabtu (27/3), saat militer menggelar parade dalam rangka memperingati Hari Angkatan Bersenjata.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/3/2021), peringatan untuk para demonstran itu disampaikan junta militer Myanmar via saluran televisi MRTV yang dikelola militer.

“Anda seharusnya belajar … bahwa Anda bisa berada dalam bahaya ditembak di kepala dan punggung,” demikian bunyi peringatan dari junta militer Myanmar kepada para demonstran.

Otoritas Brasil melaporkan lebih dari 3.600 kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Angka ini mencetak rekor sebagai tambahan kematian harian tertinggi di negara yang masih berjuang mengatasi penyebaran Corona.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (27/3/2021), Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan sedikitnya 3.650 kematian dalam sehari, atau sepanjang Jumat (26/3) waktu setempat. Jumlah tersebut mencetak rekor kematian harian kedua kurang dari sepekan terakhir.

Total kematian pada Jumat (26/3) waktu setempat memecahkan rekor harian tertinggi sebelumnya pada Selasa (23/3) waktu setempat, dengan 3 ribu kematian dalam sehari.

Ahmad Alissa, pelaku penembakan massal di Colorado, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan 10 orang telah dipindahkan ke sebuah penjara lainnya karena ‘kekhawatiran keamanan dan ancaman’. Alissa baru saja dijerat dakwaan tambahan terkait percobaan pembunuhan oleh otoritas setempat.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/3/2021), pria 21 tahun dengan nama lengkap Ahmad Al Aliwi Alissa ini sebelumnya dijerat 10 dakwaan pembunuhan terkait penembakan massal di supermarket King Soopers di Boulder pada Senin (22/3) waktu setempat.

Juru bicara kantor Sherif Boulder County, Carrie Haverfield, menuturkan kepada Reuters bahwa Alissa dipindahkan ke sebuah penjara lainnya yang tidak disebut namanya, di luar Boulder County.

Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia, Alexander Fomin, menghadiri parade militer saat peringatan Hari Angkatan Bersenjata di Myanmar. Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, pun menyebut Rusia sebagai ‘teman sejati’.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/3/2021), Fomin mengunjungi Myanmar pada pekan ini dan bertemu dengan Min Aung Hlaing di Naypyitaw pada Jumat (26/3) waktu setempat, atau sehari sebelum Myanmar menggelar parade militer untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata. Kunjungan Fomin itu menurut media nasional Rusia bertujuan untuk memperkuat hubungan militer antar Rusia dan Myanmar.

Pada Sabtu (27/3) waktu setempat, Fomin menghadiri parade militer di Naypyitaw. Dalam pidatonya usai memimpin parade militer, Min Aung Hlaing melontarkan pujian untuk Rusia. “Rusia adalah teman sejati,” ucap Min Aung Hlaing dalam pidatonya

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *