AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi, Suu Kyi Dipindah ke Lokasi Rahasia

BERITA RAKYAT – Laporan intelijen Amerika Serikat( AS) menuduh Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman( MBS), menyetujui pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Keberadaan pemimpin de- facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, misterius sehabis ia dipindahkan ke posisi rahasia.

Laporan intelijen AS melaporkan kalau mengingat pengaruh yang dipunyai MBS, sangat tidak bisa jadi pembunuhan Khashoggi terjalin tanpa lampu hijau darinya. Pembunuhan itu, bagi laporan intelijen AS, pula diucap cocok dengan pola sokongan Putra Mahkota buat pemakaian langkah kekerasan dalam membungkam para pembangkang di luar negara.

Sedangkan itu, pejabat partai yang menaungi Suu Kyi serta pengacaranya menguak ia sudah dipindahkan dari kediamannya di Naypyitaw ke suatu posisi rahasia. Dikenal kalau Suu Kyi jadi tahanan rumah semenjak kudeta militer pada 1 Februari kemudian.

   

Tidak hanya kabar tersebut, berikut ini berita- berita internasional yang menarik atensi pembaca hari ini, Sabtu( 27/ 2/ 2021):

Otoritas Amerika Serikat( AS) buat awal kalinya terang- terangan menuduh Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman( MBS), menyetujui pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi. AS pula menjatuhkan serentetan sanksi, tetapi tidak secara langsung menargetkan MBS.

Semacam dikutip AFP, Sabtu( 27/ 2/ 2021), laporan intelijen AS yang dibeberkan ke publik oleh pemerintahan Presiden Joe Biden melaporkan MBS yang ialah pemimpin de- facto Saudi sudah menyetujui suatu pembedahan di Istanbul, Turki, buat menangkap ataupun menewaskan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Tetapi, otoritas AS tidak menjatuhkan sanksi ataupun mempraktikkan larangan apapun terhadap MBS. Dengan para pejabat AS menyebut tidak terdapat preseden penjatuhan sanksi buat pemimpin senior dari negeri sekutu.

Presiden Amerika Serikat( AS), Joe Biden, menegaskan kalau serbuan hawa yang dilancarkan AS terhadap milisi pro- Iran di Suriah baru- baru ini wajib ditatap oleh Iran selaku suatu peringatan. Milisi pro- Iran yang jadi sasaran serbuan diyakini bertanggung jawab atas serbuan roket terhadap pangkalan AS di Irak.

Semacam dikutip AFP, Sabtu( 27/ 2/ 2021), dikala ditanya apa pesan yang diambil dari serbuan hawa AS terhadap milisi pro- Iran di Suriah pada Kamis( 25/ 2) waktu setempat, Biden menanggapi:” Kamu tidak dapat berperan dengan impunitas.”

” Berhati- hatilah,” imbuh Biden, dikala berdialog dalam kunjungan ke Texas usai cuaca dingin ekstrem merangsang jutaan masyarakat hidup tanpa listrik serta air.

Duta Besar Myanmar buat Perserikatan Bangsa- bangsa( PBB) mengantarkan permohonan emosional kepada komunitas internasional lewat forum PBB buat membagikan aksi setegas bisa jadi terhadap pemerintahan junta militer yang saat ini memahami Myanmar.

Semacam dikutip AFP, Sabtu( 27/ 2/ 2021), Dubes Myanmar buat PBB, Kyaw Moe Tun, mengambil langkah yang sangat sangat jarang selaku perwakilan negaranya kala ia memutuskan berbeda perilaku dengan penguasa negaranya dikala berpidato di hadapan Majelis Universal PBB pada Jumat( 26/ 2) waktu setempat.

” Kami memerlukan… aksi setegas bisa jadi dari komunitas internasional buat lekas mengakhiri kudeta militer, buat menghentikan penindasan terhadap orang- orang tidak bersalah, buat mengembalikan kekuasaan negeri kepada rakyat, serta buat memulihkan demokrasi,” ucap Kyaw dalam pidatonya, dengan sesekali suaranya tercekat serta dipadati emosi.

Perdana Menteri( PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, memerintahkan lockdown terkini buat kota Auckland sehabis ditemukan satu permasalahan penularan lokal virus Corona( COVID- 19) tanpa sumber yang jelas. Lockdown terkini hendak diberlakukan mulai Minggu( 28/ 2) waktu setempat.

Semacam dikutip AFP serta Reuters, Sabtu( 27/ 2/ 2021), Auckland yang ialah kota terbanyak di Selandia Baru pula hadapi lockdown sepanjang 3 hari kurang dari 2 minggu kemudian. Lockdown terkini di Auckland hendak berlangsung sepanjang paling tidak 7 hari, mulai Minggu( 28/ 2) esok.

Dalam konferensi pers, Ardern mengatakan kalau satu permasalahan baru Corona yang terkonfirmasi pada Sabtu( 27/ 2) waktu setempat, tidak dapat berhubungan secara langsung dengan kasus- kasus positif yang lain yang ditemukan 2 minggu terakhir. Dengan kata lain, sumber penularan satu permasalahan baru ini tidak jelas.

Keberadaan pemimpin de- facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang ditahan semenjak kudeta militer pada 1 Februari saat ini jadi ciri tanya. Pejabat partai yang menaungi Suu Kyi serta pengacaranya menguak ia sudah dipindahkan ke suatu posisi rahasia.

Semacam dikutip Reuters, Sabtu( 27/ 2/ 2021), berita soal misteriusnya keberadaan Suu Kyi itu dilaporkan media independen Myanmar Now yang pada Jumat( 26/ 2) waktu setempat, menyebut Suu Kyi dipindahkan dari kediamannya. Dikenal kalau Suu Kyi jadi tahanan rumah semenjak militer merebut kekuasaannya.

Beberapa sumber dari Partai Liga Demokrasi Nasional( NLD) yang berkuasa di Myanmar serta menaungi Suu Kyi, menuturkan kepada Myanmar Now, kalau Suu Kyi sudah dipindahkan dari kediamannya di bunda kota Naypyitaw dekat 6 hari kemudian ke suatu posisi yang disembunyikan.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *