Cerita Ditolaknya Trump saat Tawarkan Kim Jong-Un Naik Air Force One

BERITA RAKYAT – Mantan Presiden Amerika Serikat( AS), Donald Trump sempat menawari pemimpin Korea Utara( Korut), Kim Jong- Un buat naik pesawat kepresidenan AS, Air Force One usai pertemuan di Hanoi, Vietnam, 2 tahun kemudian. Perihal itu diungkapkan oleh dokumenter media terkemuka Inggris, BBC.

Laporan dokumenter terkini BBC bertajuk Trump Takes on the World, semacam dikutip AFP, Senin( 22/ 2/ 2021), mengatakan kalau usai pertemuan itu, Trump menawari tumpangan kembali dengan Air Force One kepada Kim Jong- Un. Tetapi tawaran Trump itu ditolak oleh Kim Jong- Un.

   

Bagi dokumenter BBC, Trump mengejutkan apalagi para diplomat sangat berpengalaman dengan menawarkan tumpangan kembali dengan Air Force One kepada Kim Jong- Un.

” Presiden Trump menawari Kim tumpangan kembali dengan Air Force One,” ungkap Matthew Pottinger, ahli terkemuka Asia yang ialah anggota Dewan Keamanan Nasional AS pada masa Trump, kepada BBC.

” Presiden ketahui kalau Kim sudah datang dalam ekspedisi kereta sebagian hari lewat Cina ke Hanoi serta presiden berkata: Aku dapat mengantar Kamu kembali dalam 2 jam bila Kamu ingin. Kim menolak,” imbuhnya.

Bila Kim Jong- un menerima tawaran itu, hingga itu hendak menempatkan pemimpin Korut– serta bisa jadi sebagian rombongannya– di dalam pesawat formal kepresidenan AS serta pesawat itu hendak merambah daerah hawa Korut, yang berpotensi merangsang banyak permasalahan keamanan.

Dilaporkan kalau Kim Jong- Un menolak tawaran Trump itu.

Dikenal kalau dalam pertemuan memiliki di Hanoi tahun 2019 kemudian, Trump serta Kim Jong- Un berjumpa buat kedua kalinya di tengah upaya diplomasi luar biasa antara AS serta Korut. Tetapi tidak terdapat kemajuan substantif yang dicapai, dengan prosesnya menemui jalur buntu sehabis kedua pemimpin tidak menggapai konvensi soal pencabutan sanksi serta aksi yang wajib dicoba Korut selaku balasannya.

Berbeda dengan perilakunya dengan Trump, dalam pertemuan awal di Singapore tahun 2018, Kim Jong- Un menumpang pesawat Air Cina dari daerah Cina– sekutu dekatnya. Cina diucap mau mempertahankan Korut selaku buffer state buat melindungi tentara AS senantiasa di Korea Selatan, menghindari perbatasan Cina.

Dalam pertemuan di Singapore, Trump menampilkan suasana di dalam mobil kepresidenannya The Beast secara sekilas kepada Kim Jong- Un dalam upaya menampilkan ikatan persahabatan yang baru antara keduanya.

Tetapi bulan kemudian, Kim Jong- Un menyebut AS selaku musuh terbanyak Korut serta menegaskan kalau kebijakan AS terhadap Korut tidak hendak sempat berganti tidak hirau siapa yang berkuasa.

Media nasional Korut sepanjang ini belum menyebut Joe Biden– yang mengalahkan Trump dalam pilpres 2020– selaku Presiden AS dalam laporannya.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *