China Tawarkan Kerjasama kepada Joe Biden

BERITA RAKYAT – Diplomat besar Cina pada hari Jumat menawarkan kerja sama pada Presiden AS terpilih Joe Biden. Perihal itu mengingat dikala ini sebagian kritikus AS di Beijing menghasilkan atmosfer” McCarthyisme” serta mengabaikan kepentingan bersama.

Membidik pendekatan semacam dengan Presiden Donald Trump, Menteri Luar Negara Wang Yi menyuarakan harapan buat kembalinya pembicaraan serta” rasa silih yakin” antara 2 kekuatan ekonomi terbanyak dunia sehabis Biden mengambil alih pada 20 Januari.

” Berarti kalau kebijakan AS terhadap Cina kembali ke objektivitas serta sensibilitas secepat bisa jadi,” kata Wang dalam pidato virtual kepada Asia Society yang berbasis di New York, semacam dikutip AFP, Sabtu( 19/ 12/ 2020).

   

Wang berkata kalau Cina memandang” ruang buat kerja sama” dengan Biden cocok dengan apa yang diprogramkan Biden ialah menimpa Covid- 19, pemulihan ekonomi, serta pergantian hawa. Prioritas keempat Biden merupakan kesetaraan rasial.

Menimpa pandemi, Wang berkata Cina siap menolong Amerika Serikat, tercantum lewat penciptaan masker wajah yang berkepanjangan, serta berkata Beijing serta Washington bisa bekerja sama dalam pembuatan vaksin serta menolong negeri ketiga.

” Kami berharap bisa memperluas kerja sama serta mengelola perbandingan lewat diskusi,” kata Wang.

Pemerintahan Trump sudah melaporkan kalau sebagian dekade keterlibatan AS sudah kandas dengan Cina, berdialog tentang tantangan global dari Beijing lewat dugaan pencurian kekayaan intelektual yang menggila, spionase, serta ledakan proyek infrastruktur di segala dunia.

Dalam sebagian bulan terakhir, Menteri Luar Negara Mike Pompeo sudah menghentikan program pertukaran yang didanai Cina buat orang Amerika serta memperketat ketentuan visa buat pelajar Cina dan anggota Partai Komunis serta keluarga mereka, yang mungkin pengaruhi ratusan juta orang.

” Kami memandang McCarthyisme bangkit kembali serta membahayakan pertukaran internasional wajar,” kata Wang, merujuk pada perburuan penyihir komunis yang konon terjalin di pemerintah AS yang dipandu oleh senator Republik Joe McCarthy sehabis Perang Dunia II.

Wang menuduh pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya melaksanakan” asumsi yang tidak bertanggung jawab atas kesalahan serta kecaman emosional”.

” Mereka mengabaikan kepentingan universal yang luas serta ruang buat kerjasama antara kedua negeri serta bersikeras kalau Cina merupakan ancaman utama,” kata Wang.

” Ini semacam ketidaksejajaran tombol pada baju. Mereka melaksanakan kesalahan pada awal mulanya.”

Biden, yang menginvestasikan banyak waktu dalam diplomasi dengan Cina bagaikan wakil presiden, sudah secara luas sepakat kalau Beijing ialah tantangan global.

Tetapi Biden diperkirakan hendak mengambil nada yang tidak sangat kasar daripada Trump, dengan calonnya buat menteri luar negara, Antony Blinken, berdialog tentang kemampuan kerja sama dalam pergantian hawa serta pandemi.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *