Dendam Iran ke Israel Usai Kematian Ilmuwan Nuklir

BERITA RAKYAT – Salah satu tokoh ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh wafat dunia di luar Kota Teheran. Otoritas Iran menyalahkan musuh bebuyutannya, Israel atas pembunuhan itu serta mengecam hendak melaksanakan pembalasan dendam.

Semacam dikutip AFP, Sabtu( 28/ 11/ 2020), ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh terluka parah kala penyerang menargetkan mobilnya saat sebelum ikut serta baku tembak dengan regu keamanannya, bagi Departemen Pertahanan dalam suatu statment.

Ilmuwan Mohsen Fakhrizadeh jadi” martir” sehabis terluka parah kala penyerang menargetkan mobilnya serta ikut serta dalam baku tembak dengan pengawalnya di luar ibukota Teheran pada hari Jumat( 27/ 11), demikian bagi Departemen Pertahanan Iran.

” Bangsa Iran lebih pintar daripada jatuh ke dalam perangkap konspirasi yang terbuat oleh Zionis. Mereka berpikir buat menghasilkan kekacauan, namun mereka wajib ketahui kalau kami sudah membaca tangan mereka serta mereka tidak hendak sukses,” kata Presiden Iran, Hassan Rouhani dalam pidato yang ditayangkan tv Iran, sehabis menuduh Israel terletak di balik pembunuhan itu.

   

Departemen Pertahanan meningkatkan kalau Fakhrizadeh yang mengepalai organisasi riset serta inovasi departemen pertahanan, setelah itu jadi martir sehabis petugas kedokteran kandas menyelamatkannya.

Menjawab peristiwa tersebut, Menteri Luar Negara Iran Mohammad Javad Zarif pada hari Jumat( 27/ 11) berkata kalau terdapat” gejala sungguh- sungguh kedudukan Israel” dalam pembunuhan itu. Zarif memohon warga internasional buat” mengutuk aksi teror negeri ini”.

” Teroris menewaskan seseorang ilmuwan Iran terkemuka hari ini,” demikian cuitannya di Twitter.

” Kepengecutan ini- dengan gejala sungguh- sungguh dari kedudukan Israel- menunjukkan penghasutan perang yang putus asa dari para pelakon,” cuitnya.

Apa kaitan pembunuhan Fakhrizadeh dengan Israel? Baca penjelasannya di taman selanjutnya.

Media terkemuka AS, The New York Times berkata seseorang pejabat Amerika serta 2 pejabat intelijen yang lain mengkonfirmasi Israel terletak di balik serbuan itu, tanpa membagikan rincian lebih lanjut.

Seseorang juru bicara Netanyahu yang ditanyai oleh AFP di Yerusalem menolak mengomentari serbuan itu.

Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami berkata Fakhrizadeh mempunyai” kedudukan berarti dalam inovasi pertahanan” serta sudah kesekian kali” diancam dengan pembunuhan serta dibuntuti.”

Berdialog di tv, Hatami berkata ia” mengendalikan pertahanan nuklir serta melaksanakan pekerjaan ekstensif”, tanpa menarangkan lebih lanjut.

Dikenal, pembunuhan Fakhrizadeh terjalin kurang dari 2 bulan saat sebelum Joe Biden berprofesi bagaikan presiden AS. Biden sudah berjanji buat kembali ke diplomasi dengan Iran sehabis 4 tahun hawkish di dasar Presiden AS Donald Trump, yang menarik diri dari konvensi nuklir Iran pada 2018 serta mulai memberlakukan kembali sanksi yang melumpuhkan.

Trump berkata pada dikala itu kalau konvensi yang secara formal diketahui bagaikan Rencana Aksi Komprehensif Bersama( JCPOA) itu tidak menawarkan jaminan yang lumayan buat menghentikan Teheran mendapatkan bom atom. Iran senantiasa membantah menginginkan senjata semacam itu.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *