KPK Yakin Harun Masiku Masih Berada di Indonesia

BERITA RAKYAT – Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK) masih meyakini terdakwa mantan Caleg PDIP Harun Masiku( HAR) terletak di Indonesia.

” Dikala ini, KPK masih meyakini yang bersangkutan masih terletak di dalam negara,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat( 24/ 7/ 2020).

Harun ialah buronan permasalahan suap terpaut pengurusan pergantian antarwaktu( PAW) Anggota DPR RI periode 2019- 2024 yang sudah dimasukkan dalam status Catatan Pencarian Orang( DPO) semenjak Januari 2020.

Soal pengajuan permohonan red notice buat Harun, kata ia, KPK masih mempertimbangkannya.

” Bagaikan upaya pencarian, soal permohonan red notice pasti nanti hendak kami pertimbangkan lebih lanjut,” kata Ali semacam dilansir Antara.

Tidak hanya itu, dia pula berkata lembaganya terus berkoordinasi dengan Polri serta Ditjen Imigrasi buat mencari terdakwa Harun.

Dikenal, KPK sudah memperpanjang masa penangkalan ataupun bepergian ke luar negara. terhadap Harun terhitung semenjak 10 Juli 2020 hingga dengan 6 bulan ke depan.

Tadinya, bersumber pada catatan imigrasi, Harun sudah keluar Indonesia mengarah Singapore pada 6 Januari 2020 lewat Lapangan terbang Soekarno- Hatta, Tangerang dekat jam 11. 00 Wib. Semenjak dikala itu, Harun diucap belum kembali lagi ke Indonesia.

Sudah Kembali ke Indonesia

Tetapi, Direktur Jenderal Imigrasi Departemen Hukum serta HAM dikala itu Ronny F Sompie membetulkan Harun sudah terletak di Jakarta semenjak 7 Januari 2020.

” Aku telah menerima data bersumber pada pendalaman di sistem, tercantum informasi lewat IT yang dipunyai stakeholder terpaut di Lapangan terbang Soetta, kalau Hektometer( Harun Masiku) sudah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan memakai pesawat Batik pada bertepatan pada 7 Januari 2020,” ucap Ronny di Jakarta, Rabu( 22/ 1/ 2020).

Ronny mengakui ada keterlambatan waktu( delay time) dalam pemrosesan informasi perlintasan di Halte 2 F Lapangan terbang Soekarno Hatta kala Harun Masiku melintas masuk pada 7 Januari 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *