Memanas Lagi di Perbatasan China-India Kala Seorang Tentara Tewas

BERITA RAKYAT – Ikatan Cina serta India di daerah perbatasan kembali memanas. Terdapat satu tentara anggota Pasukan Spesial India yang terbunuh dalam bentrokan terkini dengan militer Cina di perbatasan Himalaya.

Semacam dikutip AFP, Rabu( 2/ 9/ 2020), kematian ini jadi yang awal dilaporkan dari 2 insiden yang terjalin dalam 48 jam terakhir di perbatasan yang jadi sumber ketegangan antara India serta Cina dalam sebagian bulan terakhir.

2 bulan kemudian, sedikitnya 20 tentara India tewas dalam bentrokan seragam. Disebutkan kalau tentara Cina mamakai paku buat melawan tentara India.

India serta Cina yang bertarung dalam perang perbatasan tahun 1962 silam, silih menuduh berupaya melanggar perbatasan di kawasan Ladakh, dalam upaya mengganti status quo daerah. Bentrokan terkini rusak pada Sabtu( 29/ 8) waktu setempat.

Kedua negeri belum mengumumkan terdapatnya korban jiwa. Tetapi seseorang anggota parlemen Tibet yang lagi dalam pengasingan, Namghyal Dolkar Lhagyari, menuturkan kepada AFP kalau satu tentara yang berasal dari Tibet serta jadi anggota Pasukan Spesial India martir dalam bentrokan itu.

Ia menyebut kalau satu personel Pasukan Spesial Perbatasan hadapi luka- luka dalam bentrokan itu. Disebutkan kalau banyak etnis Tibet yang tergabung dalam pasukan spesial itu yang menentang klaim Cina atas daerah mereka.

Dalam bentrokan terkini yang terjalin di dekat Danau Pangong Tso yang terdapat di ketinggian 4. 200 m, Departemen Pertahanan India menuduh militer Cina melaksanakan pergerakan militer provokatif buat mengganti status quo di perbatasan.

Militer Cina dalam tanggapannya balik menuduh tentara India sudah secara sungguh- sungguh melanggar daerah kedaulatan Cina serta menuntut tentara India ditarik dari perbatasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *