Mengerikan! 11 Orang Tewas dalam Pembantaian di Kolombia

BERITA RAKYAT – Paling tidak 11 orang tewas dalam 3 insiden pembantaian terpisah di Kolombia. Insiden ini merupakan yang sangat mematikan semenjak gerilyawan Pasukan Revolusioner Kolombia( FARC) menandatangani perjanjian damai dengan pemerintah pada 2016.

Semacam dikutip AFP, Selasa( 8/ 9/ 2020), pembantaian- pembunuhan 3 orang ataupun lebih dalam kejadian yang sama- terjadi dalam 3 hari terakhir di daerah Antioquia di barat laut, Bolivar di utara serta Cesar di timur laut negeri itu.

Dalam pembunuhan Senin( 7/ 9) di Antioquia, 5 orang tewas” bisa jadi oleh satu kelompok bersenjata” di kota Zaragoza, kata Kepala Pasukan Polisi Zaragoza, Kolonel Ever Gomez itu kepada wartawan.

Masih pada hari Senin( 7/ 9), 3 orang tewas dalam serbuan di wilayah Simiti, suatu kota di daerah Bolivar. Para korban belum lekas diidentifikasi, kata seseorang juru bicara polisi kepada AFP.

Polisi pula memberi tahu kalau serbuan terjalin di kota Aguachica, di daerah Cesar. Sejoli suami istri asal Venezuela tewas serta korban ketiga wafat akibat luka- luka yang dialami dalam insiden yang sama.

Para pakar memperingatkan kalau Kolombia lagi menempuh siklus baru kekerasan yang diisyarati dengan kenaikan pembantaian.

Antara 1 Januari serta 17 Agustus, Perserikatan Bangsa- Bangsa mencatat 33 pembunuhan kelompok semacam itu di bermacam daerah negeri, dibanding dengan 36 pembunuhan pada 2019, 29 pada 2018, serta 11 pada 2017.

Semenjak itu, pihak berwenang mencatat 12 pembantaian bonus.

Pemerintah Kolombia menyalahkan tindak kekerasan ini pada kelompok bersenjata yang mendanai pembedahan mereka lewat perdagangan narkotika.

Sedangkan konvensi dengan FARC- yang ialah kelompok gerilya utama yang beroperasi di negeri itu- mengurangi kekerasan politik. Kolombia sudah hidup sepanjang nyaris 6 dekade dengan konflik yang sudah mengadu lembaga penegak hukum negeri dengan gerilyawan, paramiliter, serta orang dagang narkotika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *