Pejabat Partai Komunis China Dibunuh di Kampus Bergengsi

BERITA RAKYAT – Seorang pejabat Partai Komunis China dibunuh di dalam universitas bergengsi di negara tersebut. Pelaku pembunuhan disebut sebagai seorang profesor.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (9/6/2021), tindak pembunuhan ini disebut terjadi di area kampus Universitas Fudan, yang merupakan salah satu universitas bergengsi di Shanghai.

Pihak kampus mengidentifikasi korban sebagai Wang Yongzhen (49) yang merupakan Sekretaris Partai Komunis China pada jurusan matematika Universitas Fudan. Wang tewas dibunuh pada Senin (7/6) sore waktu setempat.

Secara terpisah, kepolisian setempat mengidentifikasi pelaku sebagai seorang profesor berusia 39 tahun dan bermarga Jiang. Disebutkan bahwa pelaku menggunakan sebuah pisau dalam aksinya.

Pihak kampus membentuk tim khusus untuk bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan kepolisian.

Motif pembunuhan ini belum diketahui secara jelas.

Namun dalam pernyataannya, kepolisian menyebut Jiang memiliki dendam terhadap korban dan telah mengakui kejahatannya. Tidak disebut lebih lanjut terkait apa dendam yang dimiliki Jiang.

Fudan diketahui pernah menjadi lokasi pembunuhan lainnya tahun 2013 lalu, ketika seorang mahasiswa meracuni teman sekamarnya usai berselisih.

Diketahui bahwa sekretaris Partai Komunis ditempatkan di berbagai universitas China, dengan tugas menjaga kemurnian ideologi, mencegah penyebaran konsep Barat soal hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan berbicara, dan memastikan mahasiswa serta fakultas tetap setia pada partai.

Universitas Fudan merupakan salah satu dari 100 universitas bergengsi di dunia, dengan koneksi luar negeri yang kuat. Meski demikian, hubungan universitas ini dengan Partai Komunis yang berkuasa di China juga memicu kontroversi.

AGENADUQ | AGENBANDARQ | AGENCAPSUN | AGENDOMINO99 | AGENPOKERONLINE | AGENSAKONGONLINE | AGENBANDARPOKER | AGENBANDAR66

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *