Pengunduran Diri Putra Mahkota Turki Lukai Presiden Erdogan

BERITA RAKYAT – Bagaikan menteri keuangan, Berat Albayrak meniti 2 tahun penuh ketidakpastian ekonomi, menyusul perlambatan perkembangan, pandemi Covid- 19 serta anjloknya mata duit Lira sebanyak 45 persen.

   

Tetapi pengunduran dirinya yang tiba- tiba serta di informasikan dengan metode yang tidak umum Minggu( 8/ 11) malam, ialah via Instagram, mengejutkan pemerintah, lapor kantor kabar AP. Erdogan kerap diklaim mau menjadikan menantunya yang berumur 42 tahun itu bagaikan putra mahkota yang nanti menggantikannya di pucuk kepemimpinan partai.

Albayrak mengundurkan diri cuma satu hari sehabis Presiden Erdogan memecat gubernur Bank Sentral, serta mengabaikan usulan menantunya terpaut siapa yang hendak mengisi posisi kunci tersebut. Albayrak mengklaim unggahan di Instagram tidak dialamatkan kepada Erdogan,” namun buat warga,” katanya. Ia mengaku keputusan itu diambil lantaran permasalahan kesehatan.

Unggahan Albayrak diiringi perilaku diam pemerintah yang memerlukan sampai 24 jam buat merespon statment tersebut. Malam itu pula Erdogan sesungguhnya dijadwalkan berpidato di Provinsi Kocaeli dalam Kongres AKP. Ia dikabarkan tiba terlambat sehabis 2 jam.

Presiden Erdogan, begitu tertulis dalam penjelasan pers pemerintah, menerima pengunduran diri Albayrak. Selasa( 10/ 11) pagi pemerintah Turki kemudian mengumumkan sisa Wakil Perdana Menteri, Lutfi Elvan, hendak mengisi posisi kunci di pucuk Departemen Keuangan.

Pengorbanan politik demi penerus tahta

Pertumbuhan teranyar di Ankara itu dinilai partai oposisi, Partai Rakyat Republik( CHP), bagaikan tanda- tanda berkecamuknya” krisis negeri”. Ada pula tv nasional yang diawasi pemerintah menolak memberitakan kisruh tersebut.

Laku si putra mahkota sebabnya mengundang perilaku antipati di golongan petinggi Partai AKP.” Mengundurkan diri dengan metode ini menghasilkan kehancuran yang sungguh- sungguh terhadap Erdogan serta partai,” kata seseorang pejabat AKP yang enggan disebutkan namanya.

Bagi sumber itu lagi, isi statment Albayrak serta kenyataan kalau Erdogan habis- habisan melecut karirnya, bukan tanpa ongkos politik, lapor Reuters.” Erdogan berinvestasi banyak kepada Berat. Ia apalagi mengecewakan banyak menteri serta birokrat,” tuturnya.

Pejabat AKP itu mengakui Erdogan secara lama- lama melebarkan wewenang Albayrak sampai ke ranah keamanan nasional, yang terletak di luar lingkupnya bagaikan menteri keuangan.” Pada kesimpulannya, Erdogan hendak membawanya ke pucuk kepemimpinan partai.”

Erdogan yang berumur 66 tahun hendak mengalami pemilu kepresidenan pada Juni 2023. Sepanjang ini ia tidak mengisyaratkan bakal pensiun. Tetapi krisis ekonomi serta lemahnya nilai ubah Lira diyakini hendak terus menggerus sokongan terhadap si presiden.

3 sumber di pemerintahan Turki mengakui kepada Reuters, drama politik pada akhir minggu kemarin terjalin sehabis rapat tertutup regu ekonomi di Istana Kepresidenan. Dikala itu nilai ubah Lira lagi anjlok akibat keputusan Bank Sentral buat tidak menaikkan suku bunga acuan dari 10, 25% demi memangkas angka inflasi yang ngotot bertengger di kisaran 12%.

Antara” kebenaran serta kebohongan”

Erdogan semenjak lama menentang kebijakan menaikkan suku bunga acuan buat menghadang inflasi serta peningkatan harga kebutuhan pokok. Pada pertemuan itu, ia diberitahu cadangan devisa menurun sebanyak USD 100 miliyar sebab digunakan bank sentral buat memantapkan nilai ubah Lira.

” Ekonomi lagi rontok serta kalau keadaan ini seluruhnya diakibatkan oleh kebijakan pemerintah apalagi jadi jelas buat presiden,” kata Refet Gurkaynak, Guru Besar Ekonomi di Universitas Bilkent, Ankara.

6 pejabat pemerintah Turki yang ditanyai Reuters mengakui sisa menteri keuangan Naci Agbal yang ditunjuk Erdogan mengetuai Bank Sentral berlawanan dengan kemauan Albayrak.” Wujud yang ditunjuk bukan figur yang dapat bekerja dengan Albayrak, bukan orang yang mempunyai pemikiran ekonomi yang sama,” kata salah seseorang pejabat ekonomi Turki.

Statment pengunduran diri Albayrak kebalikannya tidak membiaskan terdapatnya kisruh politik di Ankara. Tetapi ia mengisyaratkan ketegangan di” masa susah semacam ini, di mana perihal baik serta kurang baik bercampuran, di mana sangat susah buat membedakan antara kebenaran serta kebohongan.”

Untuk Wolfango Piccoli, analis politik dari lembaga konsultan Teneo, berkata kisruh tersebut” memalukan secara politik” untuk Erdogan serta AKP. Baginya” Erdogan telah menghabiskan banyak modal politik buat membuka jalan karir untuk Berat di dalam partai,” katanya.

” Ia membagikan menantunya itu kekuasaan serta pengaruh tidak berbanding,” serta sepak terjangnya itu” mengasingkan figur- figur kunci di AKP.”

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *