Pesawat Sipil Terbakar, Arab Saudi Sempat Hancurkan 2 Drone Houthi

BERITA RAKYAT – Koalisi pimpinan Arab Saudi pernah mencegat serta menghancurkan 2 drone bersenjata yang diluncurkan kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Kedua drone bersenjata itu ditargetkan ke lapangan terbang internasional Abha.

Semacam dikutip Arab News, Rabu( 10/ 2/ 2021), serbuan drone itu dilaporkan oleh koalisi pimpinan Saudi terjalin pada Rabu( 10/ 2) waktu setempat, sebagian dikala saat sebelum suatu pesawat sipil di lapangan terbang Abha dilaporkan dibakar sebab serbuan kelompok pemberontak Houthi.

   

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi, Turki Al- Malki, dalam pernyataannya menyebut serbuan drone Houthi itu menargetkan masyarakat sipil serta infrastruktur sipil.

Serbuan drone pada Rabu( 10/ 2) waktu setempat ini jadi hari ketiga dalam minggu ini dikala koalisi pimpinan Saudi mengumumkan grupnya mencegat drone- drone Houthi yang diterbangkan ke daerah Saudi bagian selatan, yang berbatasan dengan Yaman.

Dikenal kalau Saudi meluncurkan pembedahan militer melawan Houthi di Yaman semenjak tahun 2015 buat membela pemerintahan Yaman yang dilengserkan Houthi. Sebagian waktu terakhir, Houthi terus melancarkan serbuan, baik dengan rudal ataupun drone, ke daerah Saudi.

Sedangkan itu, terbakarnya pesawat sipil di lapangan terbang Abha diklaim oleh Al- Malki sudah sukses dikendalikan. Tidak dikenal tentu apakah pesawat yang dibakar itu mempunyai penumpang ataupun awak di dalamnya ataupun tidak. Belum terdapat penjelasan mengenao laporan korban jiwa ataupun korban cedera dari koalisi pimpinan Saudi.

” Kebakaran yang menyelimuti suatu pesawat penumpang akibat serbuan Houthi di Lapangan terbang Abha terkontrol,” demikian statment koalisi pimpinan Saudi semacam dilansir tv Al- Ekhbariya yang dikelola pemerintah Saudi.

” Suatu serbuan teroris kriminal pengecut diluncurkan terhadap Lapangan terbang Internasional Abha di Arab Saudi oleh milisi Houthi,” kata koalisi Saudi.

Koalisi pimpinan Saudi tidak menarangkan lebih lanjut apakah serbuan Houthi yang membakar pesawat sipil itu berasal dari rudal ataupun drone. Tidak dikenal apakah serbuan drone itu berkaitan dengan terbakarnya pesawat sipil tersebut.

Tadinya, Houthi berkata kalau serangan- serangan mereka terhadap Arab Saudi serta pasukan loyalisnya hendak dihentikan bila koalisi militer pimpinan Riyadh itu pula menghentikan serangannya di Yaman.

” Aku berpesan kepada pemerintahan baru Amerika serta Saudi: hentikan serbuan Kamu serta kami hendak menghentikan serbuan kami terhadap Kamu. Sesederhana itu,” kata Hisham Sharaf, Menteri Luar Negara di pemerintahan Houthi, yang tidak diakui internasional.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *