Prajurit TNI yang Teriak Takbir saat Tugas Pengamanan Rizieq Shihab Dikenakan Sanksi

BERITA RAKYAT – Viral di sosial media suatu video yang diprediksi diambil oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI) dikala mengarah Lapangan terbang Soekarno- Hatta dalam aktif pengamanan objek vital dari massa simpatisan Pimpinan Front Pembela Islam( FPI) Rizieq Shihab.

Sang perekam mengaku menyongsong kepulangan Rizieq serta setelah itu bertakbir. Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar mengantarkan, kejadian dalam video berdurasi 17 detik itu terjalin pada Senin 9 November 2020. Sang perekam ialah prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan darat(AD) bernama samaran Kopda ATY, anggota Kompi A Yonzikon 11 Kodam Jaya serta tergabung dalam tugas pengamanan objek vital Lapangan terbang Soekarno- Hatta.

   

” Yang bersangkutan berangkat dari satuan Yonzikon 11 Matraman, Jakarta Pusat, dengan memakai truk militer NPS serta duduk di bagian balik truk bersama rekan- rekannya,” tutur Refki dalam keterangannya, Rabu( 11/ 11/ 2020).

Refki menyebut, merambah jam 10. 00 Wib dikala melintas di Jalur Jatinegara, Jakarta Timur, Kopda ATY merekam video tersebut. Tercantum berucap sebagaimana simpatisan Rizieq Shihab.

” Dalam tata kehidupan militer, aksi prajurit tersebut jelas berlawanan dengan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 8 huruf a UU no 25 Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer serta hendak dijatuhi sanksi cocok dengan tingkatan kesalahannya,” jelas Refki.

Ribuan massa simpatisan pimpinan FPI Rizieq Shihab memadati depan Gate 1 Kehadiran Internasional Halte 3 Lapangan terbang Internasional Soekarno Hatta. Imbasnya, beberapa sarana universal di kawasan tersebut rusak.

Terpantau, dikala massa telah meninggalkan posisi serta yang tersisa merupakan para penghuni penumpang lain, bangku gandeng yang dibuat dari besi, patah serta tidak dapat digunakan lagi.

Seseorang petugas kebersihan di zona tersebut berkata, apabila kehancuran tersebut akibat massa simpatisan Rizieq Shihab, bukannya memanfaatkannya buat duduk, malah dipergunakan buat berdiri.

” Ini kan buat 4 orang, tadi cocok ramai- ramai itu malah dipakai buat berdiri ramai- ramai. Enggak kokoh jadinya patah kaki- kakinya,” ungkap petugas kebersihan yang enggan disebutkan namanya, Selasa( 10/ 11/ 2020).

Nampak, terdapat lebih dari 5 sofa gandeng yang rusak masih dibiarkan di posisi semula. Belum lagi, tempat tenant yang tertutup pagar gipsum, pula nampak roboh sebagian, lantaran terdorong massa simpatisan Rizieq Shihab yang berjubel.

Kemudian, apabila dilihat di halaman Halte 3, tepatnya parkiran internasional, sebagian tumbuhan pula rusak akibat terinjak- injak.

Bukan Sebab Anarkis

Jelang pesawat yang membawa Rizieq Shihab tiba, ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) sudah menduduki Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Vice Presiden PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, grupnya hendak lekas melaksanakan penggantian terhadap beberapa sarana publik yang rusak di zona Halte 3 Lapangan terbang Soetta. Ia pula berkata, kehancuran sarana publik itu, akibat banyaknya massa yang tiba, setelah itu dari segi tempat ataupun zona kehadiran internasional Gate 1 Halte 3 yang tidak dapat menampung.

” Massanya kan banyak sekali, jadi bangku yang rusak itu sama mereka dipakai buat berdiri. Kepingin amati dengan jelas, enggak kokoh, jadi patah,” ungkap Yado.

Yado pula membenarkan, kehancuran sebagian sarana tersebut bukan sebab massa simpatisan bentrok ataupun tidak terkontrol, melainkan jumlah massa yang membeludak.

” Ini bukan peristiwa anarkis, sebab padat sekali orang di situ. Massa banyak sekali, simpatisan banyak sekali,” jelasnya.

Buat fasilitas publik yang hadapi kehancuran tersebut, Yado membenarkan hendak lekas mengubah dengan sarana seragam yang baru.

” Langsung, kita replace dengan yang baru,” katanya.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *