Pria di Trenggalek Tipu Korban dengan Ngaku Bisa Gandakan Uang Pakai Gentong

BERITA RAKYAT – Polisi Trenggalek menangkap seseorang laki- laki asal Malang. Dia diprediksi jadi pelakon penipuan bermodus penggandaan duit dengan media gentong.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring berkata, terdakwa ialah Harianto( 38) masyarakat Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Harianto diamankan beserta benda fakta novel rekening, ATM dan telepon genggam.

Tidak hanya itu polisi pula mengamankan benda fakta dari korban. Ialah berbentuk 3 unit gentong dari bermacam dimensi, perlengkapan ritual, tanah kuburan dan fakta transfer ke rekening pelakon.

   

” Pelakon ini menjanjikan dapat menggandakan duit lewat tata cara gentong, dengan ketentuan korban menyetorkan duit buat tumbal sapi dan melaksanakan ritual,” kata AKBP Doni, Sabtu( 13/ 2/ 2021).

Permasalahan bermula pada pertengahan Desember 2020, korban WJ masyarakat Kecamatan Pule, Trenggalek dikunjungi oleh seorang bernama samaran JAN alias Glodok, buat diajak dalam ritual penggandaan duit di salah satu petilasan di lereng Gunung Kawi.

Lantaran lagi memerlukan duit, korban kesimpulannya tertarik dengan iming- iming penggandaan duit serta setuju buat ke lereng Gunung Kawi bersama suami serta EK yang tidak lain merupakan sahabat Glodok.

Di posisi tersebut, korban dikenalkan kepada terdakwa Harianto. Berikutnya Harianto menghadapkan korban kepada juru makam MD. Dari situlah kesimpulannya dipaparkan tentang tata metode ritual yang wajib dijalani buat menggandakan duit.

” Dikala itu korban dimohon buat mempersiapkan seekor sapi selaku tumbal, dengan harga Rp 17 juta. Tetapi dengan catatan pembelian lewat kerabat MD,” ucapnya.

Tetapi sebab korban WJ tidak mempunyai duit, kesimpulannya MD memohon duit muka Rp 2 juta, sebaliknya sisanya Rp 15 juta ditransfer sebanyak 3 kali, lewat rekening terdakwa Harianto.

” Dengan tumbal sapi itu, korban dijanjikan hendak memperoleh duit sebanyak- banyaknya, lewat media gentong,” imbuh Doni.

Dia melanjutkan, korban menuruti beberapa persyaratan yang diharuskan, tercantum melaksanakan ritual. Tetapi duit yang dijanjikan hendak timbul di dalam gentong tidak sempat terwujud.

” Kesimpulannya korban memberi tahu penipuan tersebut ke Polres Trenggalek. Permasalahan ini kami tindaklanjuti serta satu pelakon sukses kami amankan,” jelas Doni.

Dikala ini polisi tengah melaksanakan pendalaman dan mengejar 2 pelakon lain yang berstatus Catatan Pencarian Orang( DPO). Para pelakon yang kabur diprediksi ikut serta dalam permufakatan jahat tersebut.

Sedangkan terdakwa Harianto mengakui perbuatannya. Dia berdalih aksi penipuan tersebut baru dicoba satu kali kepada korban WJ. Pelakon pula mengakui bila duit kiriman korban tidak sempat dibelikan sapi.

” Aku baru kali ini melaksanakan penipuan semacam ini. Jika uangnya kami untuk, tidak buat beli sapi,” jelas Harianto.

Akibat penipuan tersebut, saat ini pelakon wajib mendekam di tahanan Polres Trenggalek serta dijerat Pasal 372/ 378 KUHP dengan ancaman hukuman optimal 4 tahun penjara.

giff

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *