Roket Ditembakkan ke Dekat Kedutaan AS di Irak, 1 Orang Tewas

BERITA RAKYAT – Beberapa roket ditembakkan ke Baghdad, bunda kota Irak serta membunuh seseorang masyarakat sipil serta melukai sebagian masyarakat yang lain.

Rentetan serbuan roket pada Selasa( 17/ 11) malam waktu setempat ini, terjalin kala pemerintah Amerika Serikat mengumumkan pengurangan jumlah pasukannya di Irak serta Afghanistan.

   

Bagi militer Irak semacam dikutip kantor kabar AFP, Rabu( 18/ 11/ 2020), 4 roket mendarat di Zona Hijau dengan keamanan besar, tempat beradanya kedutaan Amerika Serikat serta misi luar negara yang lain.

3 roket yang lain menghantam bagian lain di Baghdad, membunuh seseorang wanita serta melukai 5 masyarakat sipil.

Bagi militer Irak, ketujuh roket itu diluncurkan dari posisi yang sama di Baghdad timur.

Wartawan AFP mendengar sebagian ledakan besar, diiringi dengan suara tembakan kilat serta suar merah menerangi langit, menampilkan kalau sistem pertahanan roket C- RAM kepunyaan kedutaan AS sudah dikerahkan.

Seseorang juru bicara koalisi pimpinan AS berkata intelijen Irak sudah mengkonfirmasi serbuan roket ke kedutaan AS, namun menolak berpendapat tentang pemakaian C- RAM.

Semenjak Oktober 2019, nyaris 90 serbuan roket mematikan serta bom pinggir jalur sudah menargetkan kedutaan- kedutaan asing, pasukan, serta instalasi lain di segala Irak.

Serbuan tersebut diklaim oleh kelompok- kelompok yang ditafsirkan oleh pejabat AS serta Irak bagaikan” tabir asap” buat faksi- faksi garis keras yang berpihak pada Iran di Irak.

AS secara eksplisit menyebut Kataeb Hezbollah bagaikan dalang di balik sebagian kekerasan serta sudah 2 kali mengebom kelompok itu.

Serangan- serangan itu membuat marah Washington, yang sudah menekan Perdana Menteri Irak Mustafa al- Kadhemi buat mengambil aksi lebih keras terhadap para pelakunya.

Bulan kemudian, AS menghasilkan ultimatum kepada pemerintahan Kadhemi, mengecam hendak menutup lingkungan diplomatiknya di Baghdad bila serangan- serangan roket tidak menyudahi.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *