Taiwan Menolak Jadi ‘The Next Hong Kong’

BERITA RAKYAT – Taiwan melaporkan tidak mau jadi The Next Hong Kong yang berganti usai memberlakukan Undang- undang Keamanan Nasional yang disahkan Cina. Taiwan menuding Cina mempunyai rencana buat mengganti negeri pulau itu.

Perihal ini di informasikan oleh Menteri Luar Negara Taiwan Joseph Wu menerima kunjungan pejabat senior AS dalam pertemuan tingkatan besar.

Semacam dikutip AFP, Selasa( 11/ 8/ 2020) aksi keras terhadap perbandingan komentar di Hong Kong terus menjadi bertambah semenjak Cina memberlakukan UU Keamanan nasional di Hong Kong pada bulan Juni kemudian. Politisi oposisi didiskualifikasi serta aktivis ditangkap semenjak UU ini berlaku.

Aksi keras tersebut sudah memunculkan kekhawatiran untuk Taiwan, suatu pulau dengan 23 juta penduduk yang mempunyai pemerintahan sendiri, yang diklaim oleh Cina bagaikan wilayahnya sendiri. Cina juga berjanji hendak merebut Cina kembali sesuatu dikala nanti.

Menteri Luar Negara Joseph Wu berkata Taiwan hidup di dasar ancaman selalu sebab kebebasannya diambil oleh Cina. Ia berkata itu dalam pertemuan sangat jarang dengan Menkes AS Alex Azar di Taipei pada hari Selasa( 11/ 8).

” Kehidupan kita tiap hari jadi terus menjadi susah sebab Cina terus menekan Taiwan supaya menerima keadaan politiknya, keadaan yang hendak mengganti Taiwan jadi Hong Kong selanjutnya,” katanya.

Menkes Azar terletak di Taipei buat kunjungan 3 hari yang dikira bagaikan kunjungan tingkatan paling tinggi dari Amerika Serikat semenjak alihkan pengakuan diplomatik dari pulau itu ke Cina pada 1979.

Kunjungan itu dicoba kala ikatan antara AS serta Cina lagi dalam kekacauan, keduanya bentrok sebab bermacam permasalahan, dari mulai perdagangan, militer serta keamanan, dan pandemi virus Corona.

Sepanjang kunjungannya, Azar menyanjung demokrasi Taiwan serta keberhasilannya memerangi virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *