Tidak Benar SBY Berikan Komentar Kemenangan terkait Pemilu AS

BERITA RAKYAT – Tersebar suatu artikel terpaut statment dari Pimpinan Majelis Besar Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono( SBY) tentang Pemilu AS 2020. Artikel itu ramai dibagikan semenjak minggu kemudian.

Salah satu yang mempostingnya merupakan account bernama Colombonud Condoyono, tidak hanya itu terdapat pula account lain bernama Andre Tarore serta Lenie Sahari yang mempostingnya. Dia mengunggahnya di Facebook pada 9 November 2020.

   

Dalam postingannya ada gambar dari SBY dengan tulisan” Aku sangat senang sebab partai kita menang di Amerika.”

Tidak hanya itu dia pula meningkatkan narasi,” Hore demokrat menang di amerika” Kemudian benarkah SBY menghasilkan statment terpaut Pemilu AS semacam artikel di atas?

Penelusuran Fakta

Cek Kenyataan Liputan6. com menelusuri kenyataan serta tidak menciptakan statment dari SBY terpaut Pemilu AS 2020. Statment Partai Demokrat terpaut Pilpres AS cuma tiba dari Pimpinan Biasanya, Agus Harimurti Yudhoyono( AHY).

Perihal itu semacam dalam postingan bertajuk” AHY Ucapkan Selamat Terpilihnya Joe Biden bagaikan Presiden AS” yang tayang 8 November 2020.

Berikut isinya:

Pimpinan Universal DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono ataupun AHY mengantarkan selamat atas terpilihnya Joe Biden bagaikan Presiden Amerika Serikat( AS). Perihal itu di informasikan AHY lewat account Twitter@AgusYudhoyono pada Sabtu malam 7 November 2020.

” Selamat Amerika atas terpilihnya Presiden baru@Joebiden; yang diusung Partai Demokrat AS. Kemenangan Biden membagikan harapan untuk tatanan dunia baru yang mempersatukan keberagaman serta mengakhiri politik bukti diri yang membelah umat manusia,” tulis AHY.

AHY mengaku memantau terus proses penghitungan suara Pilpres AS. Ia memperhitungkan, proses penghitungan suara berjalan lumayan seru, menegangkan, serta silih kejar- mengejar baik popular votes, ataupun electoral votes dari masing- masing negeri bagian.

” Aku apresiasi semangat rakyat Amerika utk simak acara demokrasi, walaupun dlm atmosfer pandemi Covid- 19. Penyelenggaraan Pemilu AS lumayan baik& dapat akomodir preferensi pemilih dlm bagikan suaranya, baik mll mail- in voting ataupun in- person voting,” tulis AHY.

Bagaikan bangsa yang mempunyai kecintaan terhadap demokrasi, kata AHY, pemilu di AS pasti jadi penyemangat tertentu untuk warga Indonesia buat dapat menyelenggarakan acara demokrasi dengan baik. Terlebih, Desember 2020 ini, Indonesia hendak menyelenggarakan Pilkada serentak.

” Sekali lagi, aku mengucapkan selamat serta sukses atas terpilihnya Joe Biden& Kamala Harris sbg Presiden& Wakil Presiden AS periode 2020- 2024. Mudah- mudahan kebangkitan Partai Demokrat AS menaikkan semangat baru untuk kebangkitan Partai Demokrat di Indonesia pada masa saat ini& mendatang,” tulis AHY.

AHY berharap, terpilihnya Joe Biden bagaikan presiden sanggup tingkatkan ikatan bilateral dan kerja sama serta kemitraan strategis antara Indonesia serta Amerika Serikat.

” Spesialnya dalam upaya besar menanggulangi krisis Covid- 19& krisis ekonomi global dikala ini. Pula dalam isu- isu ttg HAM, keadilan& demokrasi; Islam& Barat; pergantian hawa; dan pertahanan& keamanan,” tulis AHY.”

Tidak hanya itu pula ada postingan dari Detik. com bertajuk” Seloroh AHY Harap Nasib Partai Demokrat Semacam Demokrat AS” yang tayang 7 November 2020. Berikut isinya:

” Jakarta- Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono( AHY) berseloroh serta berharap nasib partainya semacam Partai Demokrat di Amerika Serikat. Partai Demokrat AS dikenal saat ini mengusung Joe Biden, yang nyaris memenangi pilpres.

” Mudah- mudahan sebab namanya sama Demokrat pula, dapat, ini jokes aja, terdapat wartawan tidak? Jika terdapat, pula tidak apa- apa. Maksudnya menyemangati. Sebab namanya sama, rupanya sama biru pula. Mudah- mudahan hasilnya sama. Mudah- mudahan. Tetapi yang diperjuangkan sama, keadilan,” ucap AHY di Kegiatan Pembukaan Kongres Awal Ihsan Muda Demokrat Indonesia( IMDI) di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu( 7/ 11/ 2020).

Biden, yang diusung Partai Demokrat AS, bersaing ketat dengan Donald Trump dari Partai Republik. AHY memprediksi Biden- lah yang memenangi pilpres.

” Dalam perkembangannya, aku menjajaki mungkin besar Joe Biden, yang ialah capres daripada Partai Demokrat AS, dapat memenangkan election di AS,” sebut AHY.

AHY memperhitungkan persaingan antara Trump serta Biden sangat sengit. Apalagi, baginya, AS bagaikan negeri superpower pula mempunyai beberapa perkara dalam aspek ekonomi, politik, sampai sosial.

” Pilpres AS, antara Trump bagaikan incumbent dari Partai Republikan serta penantangnya merupakan Joe Biden dari Demokrat. Sengit. Kita ketahui Amerika pula terbelah. Banyak sekali perkaranya. Sementara itu Amerika Serikat ialah negeri superpower di dunia ini,” ucap AHY.”

Kesimpulan:

Banner Cek Fakta: Salah

Artikel statment SBY soal Pemilu AS merupakan tidak benar. Partai Demokrat menghasilkan statment lewat Ketumnya, AHY serta cuma berisi perkataan selamat pada Joe Biden serta Kamala Harris.

ialah media terverifikasi Jaringan Cek Kenyataan Internasional ataupun International Fact Checking Network( IFCN) bersama puluhan media massa yang lain di segala dunia.

Cek Kenyataan pula merupakan mitra Facebook buat memberantas hoaks, fake news, ataupun disinformasi yang tersebar di platform media sosial itu.

Kami pula berkolaborasi dengan 21 media nasional serta lokal dalam cekfakta. com buat memverifikasi bermacam data yang tersebar di warga.

giff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *